Saturday, April 16, 2016

Review: Tourmaline Ceramic Styler

Beberapa hari  ini saya sempet kerepotan karena catokan kesayangan rusak. Berhubung belakangan ini saya baru mulai memperhatikan penampilan, catokan jadi terasa penting banget supaya rambut selalu keliatan rapi.

Selama ini saya pake punya mama, Tourmaline Ceramic Styler (TCS) dari Innovation Store. Umurnya udah 8 tahun dan baru sekali diservis sebelum akhirnya rusak, dari harganya masih 800 ribu sampai sekarang udah di atas dua juta. Awet banget, kan?

Setelah baca review sana-sini, sebenernya tergiur banget untuk coba merk lain kayak Stylerush atau Glampalm. Apalagi bentuknya juga keliatan lebih handy dan lebih cantik dari TCS. Tapi karena mama nyaranin beli yang pasti-pasti aja, dan kebetulan ternyata lagi ada sale, akhirnya beli catokan yang sama lagi deh.





Catokan ini bisa dipakai straightening maupun curling kayak catokan pada umumnya. Cepat panas (heats up between 30 seconds to 3 minutes), suhunya bisa diatur mulai dari 80 - 210 derajat celcius, dan nggak terlalu ngerusak rambut karena ada tourmalinenya. Cuma mungkin karena yang lama udah tua banget, sampe platnya udah lecet-lecet, yang baru ini jadi kerasa lebih cepat nyatoknya. Sekali aja udah bisa ngebentuk rambut. Hasilnya juga lebih halus dan shiny. Meskipun sedikit lebih besar daripada catokan jaman sekarang, catokan ini tetap handy dan nggak berat. Kabelnya juga bisa rotasi 360 derajat jadi nggak kusut dan bebas bergerak selama styling. Rambut juga nggak gampang nyangkut karena floating plates-nya.



Hasil straightening-nya awet sampe keramas lagi (saya keramas 2 - 3 hari sekali). Untuk saya yang ramgbutnya nggak lurus nggak keriting, kering dan ngembang kalo abis keramas tapi juga cepet lepek, cukup pakai suhu 180 derajat celcius. Nah, kalo curling, saya sendiri belum bisa pakainya karena hampir nggak pernah styling macem-macem. Pernah nyoba sekali, hasilnya bagus dan awet juga. Tapi belum nyoba lagi karena nggak berhasil bikin curl yang sama dan berakhir dilurusin aja.

Karena diskon, catokan ini bisa saya bawa pulang dari Innovation Store dengan harga Rp 1.500.000,00 aja. Yeay! Lumayan banget diskonnya. Satu set catokan ini dilengkapi dengan instruction book, dua jepitan rambut, sisir besar, dan pouch. Ada kartu garansi juga yang berlaku enam bulan. Sayangnya punya saya nggak dapet jepitan karena katanya ketinggalan pas pengiriman dari Jakarta, tapi bisa diambil menyusul.



Overall, belum ada yang mengecewakan sih dari TCS. Cuma bosan dengan bentuknya yang nggak berubah sama sekali. Hahaha. Hampir nggak ada yang berubah dari tampilannya. Untuk kekurangannya, switch on/off catokan ini masih manual dan nggak dilengkapi heat resistant cap seperti kebanyakan catokan dengan kisaran harga yang sama, meskipun buat saya sih nggak masalah.




However, hopefully this flat iron will work as well as the old one. Let's see!

Update:
Saya udah nggak pake catokan ini lagi dan ngerasa ketipu sih sama Innovation Store. Sedikit ceritanya bisa dibaca di sini.

12 comments:

  1. Hai siiiiiiis. Ini review membantu bangeeet. Aku lagi galau pisan antara mao beli ini, Glampalm, Bailu, Remington or Magic Wand. Kalo boleh tau, selama 8 tahun pake catokan ini, apa hasil catokannya selaku shiny and lembut sis? Kan kadang ada tuh ya kalo udah setahun 2 tahun efeknya berkurang, jadi ga mempan dirambut. Please please answer ya, siiiis. Masih galau banget mao beli yg mana. Thank youuuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, glad to know it helps. :) Iya sis, setelah ganti terasa kalo yang lama hasilnya udah ga sebagus yang baru. Soalnya platnya juga udah lecet-lecet kan. Tapi tetep rapi dan halus kok, walaupun nyatoknya agak lebih lama dan hasilnya ga shiny lagi. Hehe. Bagusnya sih sebelum nyatok tetep dikasih heat protector aja rambutnya, biar ga kering dan tetep keliatan shiny.

      Delete
  2. haii anggi, aku baru mau nyoba cari catokan nih. tpi msh aga ragu takut malah bikin rambutku makin rusak, soalnya utk skrg ini aja rmbutku uda kering, rontok, dan gersang, berketombee juga.
    nah, selama 8thn pemakaian si TCS ini, menurut km ini bkin rambut mkin rusak ga?
    thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Biar gimanapun pasti lebih bagus rambut yang ga kena catokan sih, hehe. 8 tahun punya itu aku bener-bener jarang banget nyatok. Baru akhir-akhir ini suka nyatok, itu juga ga tiap hari, jadi rambutku baik-baik aja. Kalo takut rusak bisa diminimalisir kok, pake heat protector, jangan nyatok pas rambut belum bener-bener kering, dan pake catokan yang kualitasnya bagus. Rajin-rajin pake hair vitamin kalo perlu dan sesekali hair mask. Btw jangan beli TCS ini, innovation storenya sendiri udah tutup setahuku. Banyak kok yang bagus dengan range harga yang sama. Hope it helps. :)

      Delete
    2. oalah,, malah baru tau innovation store udah tutup.pantesan dr kmrn nelpon ke nmr ga ada yg angkat. hahahahahahaa

      ada rekomendasi ga ya, dgn hrg dan kualitas yg serupa, yg ga bikin rambut jdi rusak2 amat. thank u

      Delete
    3. Coba glam palm atau style rush, belum pernah pake sih tapi baca reviewnya bagus-bagus.

      Delete
  3. halooo boleh tau gaa service catokannya dimanaa makasib yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Innovation Store Botani Square Bogor, tapi tiba-tiba tokonya tutup dan catokan saya nggak dibalikin. Store mereka udah pada tutup kayaknya, bangkrut mungkin.

      Delete
  4. halooo boleh tau gaa service catokannya dimanaa makasib yaa

    ReplyDelete
  5. Hai sis! saya juga punya pengalaman yang hampir mirip nih udah pake TCS selama 9tahunan dan skrg mau repurchase lg karna puas bgt sama produknya :) Tapi agak ragu dengan kualitasnya, apakah masih sama dengan yang dulu punya?
    Thankyou :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Saya nggak rekomen sama sekali. Kayaknya masih sama bagusnya sih kualitas catokannya, tapi saya ngerasa ketipu. Lagi diservice tiba-tiba tokonya tutup dan catokan saya ilang gitu aja nggak dibalikin. Di beberapa tempat lain banyak juga yang ngalamin kayak gini (saya liat di facebooknya), entah mereka bangkrut atau apa. Beli merk lain aja mbak.

      Delete
  6. Telat banget baru ngomen. aku juga dulu pakai catokan ini. 7 tahun aku bertahan sampai akhirnya catokannya patah :( aku jorok banget sih emang. dan ngerasa kalau pake catokan selain ini tuh ga mantep aja hasilnya. sayang sekarang udah susah nyari ini..

    ReplyDelete